Penjelasan dan Definisi Singkat Tentang Sosiologi

Definisi Singkatnya, sosiologi adalah studi ilmiah masyarakat. Sosiolog menggunakan alat, metode serta ilmu pengetahuan untuk memahami bagaimana dan mengapa manusia berperilaku seperti yang mereka lakukan ketika mereka berinteraksi bersama dalam kelompok. Meskipun kelompok-kelompok sosial - atau masyarakat - terdiri dari individu, namun sosiologi adalah studi yang melihat masalah kelompok daripada individu (psikologi)

Kebanyakan orang yang menyebut diri mereka "sosiolog" bekerja di universitas dan perguruan tinggi, di mana mereka mengajar sosiologi dan melakukan penelitian sosiologis. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan tentang masyarakat, kadang-kadang ingin jawaban hanya demi rasa ingin tahu, namun berkali-kali temuan mereka digunakan untuk menginformasikan keputusan oleh para pembuat kebijakan, eksekutif, dan individu lainnya. Banyak orang yang mempelajari sosiologi untuk dapat melakukan penelitian sosiologis di luar akademis, bekerja untuk instansi pemerintah, lembaga survei, atau perusahaan swasta. 

Belajar sosiologi, apakah Anda menyebut diri sebagai seorang"sosiolog,"? kalau iya berarti Anda harus memiliki imajinasi sosiologis. harus bersedia menyisihkan ide-ide dan pemikiran Anda tentang bagaimana seharusnya dunia sosial bekerja sehingga Anda dapat melihat bagaimana hal itu benar-benar bekerja. Namun bukan berarti bahwa sosiolog tidak memiliki nilai-nilai pribadi dan pendapat tentang dunia sosial, mereka para sosiolog percaya bahwa untuk mengubah dunia, Anda harus terlebih dahulu memahaminya.

Di antara ilmu-ilmu sosial, sosiologi selalu unik dalam ambisinya untuk memahami dunia sosial seluruh - mempertimbangkan semua aspek dalam kombinasi bukan dalam isolasi. Ini adalah tugas yang menakutkan, dan salah satu hal yang seorang sosiolog masih perjuangkan sampai hari ini.

Sejarah Sosiologi dianggap sebagai salah satu dari ilmu-ilmu sosial - bersama dengan ekonomi, psikologi, antropologi, geografi, dan ilmu politik. Ilmu-ilmu sosial lahir di abad 18 dan 19, ketika orang mulai menerapkan metode ilmiah untuk kehidupan manusia dan perilaku. Dunia berubah secara dramatis seperti industri produksi yang menggantikan pertanian, seperti system pemerintahan demokratis menggantikan monarki, dan seperti kehidupan desa yang berganti menjadi kehidupan kota. 

Sama seperti ilmu sosial lainnya dalam sosiologi Anda tidak akan dapat memahami makro (besar) tanpa juga memahami mikro (kecil)

Post a Comment